Search This Blog

Pengalaman Psikotest dan Interview di ALFAMIDI atau PT Midi Utama Indonesia




Seperti judulnya, kali ini aku share pengamalanku psikotest dan interview di Alfamidi.

Awalnya aku dapat info tentang lowongan di Alfamidi ini lewat websitenya yaitu di  https://alfamidiku.com/karir . Aku apply sebagai Location Development Administration di mana posisi ini adalah posisi yang bakal di tempatin di kantor pusatnya yaitu di daerah Alam Sutra Tangerang, atau bisa juga ditempatkan di lokasi lain juga sih katanya.

Kurang lebih seminggu setelah aku apply tepatnya pada tanggal 24 Februari 2020, aku dapat email notifikasi  untuk mengikuti seleksi Psikotest dan Interview pada tanggal 26 Februari 2020 di Alfamidi Palmerah Barat. Nah di emailnya juga ada di suruh bawa hard copy Lembar Data Pelamar gitu dan di bawa ke lokasi tes sudah dalam kondidi terisi. Di lembar data pelamar itu isinya kayak biasa sih, tentang informasi pribadi, informasi keluarga, infomasi pendidikan kita, pengalaman kerja kita sama beberapa pertanyaan tentang kesediaan kita kalo nanti dikontrak sama pihak mereka.

Singkat cerita, pada tanggal 26 Februari 2020 itu aku berangkat pagi banget dari Jakarta Utara ke Palmerah yang notabennya memang lumayan jauh. Aku berangkat jam 06.00 pagi nebeng abangku sampai di kantornya daerah Sudirman dan sampai sana jam 07.00 an. Nah masih banyak waktu kan tuh, kalo aku langsung otw ke lokasi juga takutnya gabut, jadi aku  nunggu sejam di Shelter bus Fx Sudirman dah tuh, gabut juga sih di situ.

Jam 08.00 an aku pesan grab buat ke lokasi di daerah Palmerah barat, tepatnya di Jl. Palmerah Barat No 16, RT 02/ RW 10, Palmerah, Jakarta Barat. Pokoknya kalau kalian cari di google ataupun di Grab dan Gojek pasti ada kok, jadi gak usah khawatir nyasar segala. Aku sampai di Alfamidinya itu sekitar jam 08.20 an seingetku sih, dan ternyata udah ada lumayan banyak orang yang pada dateng dan keliatan kalo mereka juga mau test dari penampilannya. Kalo kalian ketemu orang di loksi test gitu sapa ajalah, daripada menyendiri kayak orang ilang kan.

Setelah nunggu gak terlalu lama, tapi aku sempet beli minum juga di Alfamidinya, Kita semua yang udah nunggu di luar di panggil buat masuk dan naik ke lantai 3 ke ruang apa gitu aku lupa. Sampai di lantai 3 kita duduk di ruangan itu sambil nunggu beberapa orang yang mungikin belum sampai karena memang jam masih menunjukkan pkl 08.45. Ternyata bener dong masih ada beberapa orang yang masuk satu persatu, bahkan ada beberapa yang telat -.- . Sambil nunggu jam 09.00 kita juga disuruh ngeluarin Lembar data Pelamar yang udah kita bawa itu untuk dilengkapi, siapa tau ada yang belum lengkap kan.

Pas jam 09.00 pagi salah satu HR (btw HRnya ada dua orang mba- mba gitu, aku gak mau sebutin namanya ah) si mba A ini menjelaskan tentang Alfamidi itu perusahaan apa, perbedaan dan persamaan Alfamidi dan Alfamart itu apa. Nah setelah semua beres Lembar Data Pelamar itu tadi di kumpulkan ke depan dan kita disuruh hitung diri buat menentukan nomer peserta dari kiri paling ke depan ke belakang dst. Seingetku kemarin itu ada sekitar 32 orang pas berhitung deh dan kursi di sana pas gak ada yang tersisa.

Setelah itu, masukklah ke tahap psikotest pertama yaitu soal gambar yang di bolak balik, nah di tahap pertama ini ada 4 sub, masing-masing sub terdiri dari 13-14 soal dengan batas waktu tertentu, jadi kalo si mbanya bilang stop kalian harus langsung pindah ke sub selanjutnya. Tahap ke dua yaitu masih tentang gambar-gambar, kali ini agak sedikit beda di mana ada beberap ga,bar dan kita disuruh cari gambar mana yang sama satu dengan yang lain, jadi di soal yang kali ini jawaban satu nomor itu ada dua, misal gambar ada A,B,C,D,E dan setelah kuta lihat ternyata gambar A dan D sama yaudin langsung coret yang A dan D itu.

Tahap ke tiga yaitu tentang kepribadian masing-masing, ada 24 nomor kamu tinggal coret kepribadian mana yang paling sesuai dan mana yang paling tidak sesuai denganmu, menurutku sih ini jujur aja sesuai kepribadianmu. Tahap ke empat yaitu ada 2 sub, masing-masing sub ada 40 nomor, nah di sub pertama kamu coret 10 nomor yang paling sesuai denganmu dan sub kedua kamu coret 10 nomor yang kamu harapkan dari perusahaan. Kalo yang ke empat itupun aku gak tau gimana harusnya menjawabnya. Oiya, jangan lupa selalu isi data diri di setiap lembar jawab dan tuliskan juga nomor peserta yang dari awal sudah di hitung tadi itu, WAJIB tuh biar datamu gak ketuker sama data mas sebelah.

Setelah semua rangkaian psikotest selesai, mba-mba HR itu langsung koreksi semuanya di tempat. Setelah beberapa menit merekapun selesai dan pengumuman pun akan segera di bacakan. Seleksi ini kan emang sistem gugur gitu kan ya, nah untuk nomor peserta yang disebutin berarti mereka belum lolos dan langsung di suruh pulang. Di sini aku gak sempet ngitung berapa orang yang dipanggil nomornya untuk pulang sih, tapi mungkin dan sepertinya ada kali setengah peserta yang datang.

Setelah pengumuman itu, langsung dah tuh dua orang dipanggil untuk interview sama mba Hrnya, di sini interviewnya satu orang sama satu HR kok jangan khawatir kalah ucap sama temenmu yang branding dirinya lebih oke. Interviewnya gak lama-lama kok, sekitar 5-10 menit dan di dalam pas interview cuma ditanya tentang pengalamanmu kerja, ngerjain apa aja, apa ada masalah di tempat kerja lama, prestasi kerja, cara menghadapi atau menyelesaikan masalah tadi itu,kehlianmu apa aja, gitu-gitulah pokokya mah.

Pas tahap interview awal ini ada beberapa orang yang posisinya langsung dialihkan ke posisi yang sesuai sama kemampuannya dia dan besoknya langsung disuruh interview sama manager di HO Alam Sutra, ada juga yang disuruh tunggu maksimal 1 minggu, kalau 1 minggu belum ada kabar jadi kamu gak lolos dan jangan apply dulu di Alfamidi selama 6 bulan ke depan. Nah di sini aku posisinya yang disuruh tunggu sih, jadi aku pesimis keknya gk bakal lolos. Gimana enggak ya kan, kan ada lolos langsung disuruh interview sama manager besoknya, kalo yang diruh tunggu-tunggu itu dikit banget kesempatan untuk lolosnya, tapi gak tau juga deh..

Baiklah sekian cerita pengalamanku, maaf kalo kalimatnya bulet muter-muter gak jelas. Semoga bermanfaat.

Bisa dong follow akun twitterku di @iyariii 

No comments:

Post a Comment

PENGALAMAN SELEKSI INTERVIEW DI PT. BORWITA INDAH JAKARTA Tahun 2020 (PT. Borwita Citra Prima)

Sesuai judulya, kali ini aku mau berbagi pengalamanku tentang interview di PT. Borwita Indah di Jakarta di tahun 2020. Jadi aku mendapatkan ...