Search This Blog

Pengalaman Psikotest dan Interview JNE Pusat



Seperti yang kita tahu, JNE merupakan jasa pengiriman barang ataupun dokumen yang wilayah cakupannya seluruh Indonesia dan luar negeri. JNE sangat mengandalkan ketepatan dalam waktu pengirimannya, jadi gak heran kalo banyak sekali yang memakai jasa kurir ini untuk pengiriman barang, apalagi bagi pelaku industri toko online.

Kali ini aku mau review tentang pengalamanku pas psikotest dan interview di JNE Pusat. Akhir-akhir ini memang kayak sering banget muncul lowongan dari JNE ini. Aku melamar kerja di JNE tuh kirim email dengan posisi yang aku lamar yaitu sebagai Contact Center. Kurang lebih seminggu dari tanggal apply, aku dapet sms dari JNE buat psikotest dan di suruh bawa alat tulis juga berkas-berkas lamarannya.

Pas hari H psikotest itu aku sampai sana 30 menit dari jadwal psikotestnya, dan itu udah lumayan rame orang-orang yang mau psikotest juga. Dari pengamatannku sih banyakan cowok dari ceweknya. setelah jam 8.30 kita disuruh baris di sebelah gedung learning center, gak lama nunggu kita langsung disuruh naik ke lantai 3 tempat psikotest. ternyata banyak juga yang ikut psikotest, satu ruangan tu tuh penuh. Oiya untuk posisi operasional sama posisi office nya di pisah duduknya, karena psikotesnya juga beda, lamaan kita yang posisi office/CS.

Psikotesnya lumayan lama tuh, kalo gak salah kurang lebih 3 jaman deh yaa. Psikotest di JNE itu bener2 psikotest beneran yaa, banyak rangkainnya (kalian bisa searching sendiri beberapa step dan tipe psikotest) yang pasti sukses bikin puyeng di kepala lahh.

setelah psikotest itu, langsung di umumin siapa siapa aja yang bisa  ikut interview user siang itu jugaa. Untuk posisi CS back line yang ikut psikotest kalo gak salah 15an orang, tapi yang lolos interview user kurang dari 10 orang kalo gak salah.

Ternyata yang interview user itu gak cuma kita yang abis psikotest pagi, tapi ada banyak banget yang dapet undangan interview user dari psikotest di mana gitu lupa aku HAHA. Nah kita-kita yang baru psikotest pagi otomatis kan nama kita belom ada di list nama yang mau interview siang itu, kita gak boleh masuk dulu tuh, disitu kurang koordinasi antara tim recruiment sama satpam di gedung sebelah itu. Yaudahlah kita ngalah, sampe akhirnya kita disuruh naik ke lantai 7. Sampai di lantai 7 itupun kita disuruh nunggu di luar dulu, karena mereka dahuluin orang-orang yang udah ada jadwal interviewnyaa.

Jam 3 kita-kita yang psikotest pagi itu masuk ruangan interview. As you know guys, interviewnya itu di ruangan besar gituu, trs ada 4 meja buat interview. Masing-masing meja ini ada 2 oarng interviewer.  Pada masing-masing meja ini ada yang di panggil 2 orang ada juga yang di panggil 2 orang. Pas aku tuh dipanggil berdua sama mas2 gak tau namanya. disitu pertanyaannya sama cuma gantian jawabnya.

Pertanyaannya seperti interview pada umunya, disuruh cerita tentang data diri, pengalaman, cara menghadapi masalah, hal-hal apa aja yang udah di selesaiin, terus interviewernya jelasin jobdesk nya sama jelasin jam kerja sama sallarynya gitu.

oiya for your info nih yaa, pas kemaren itu yang dibutuhin cuma 63 hari kerja yah kira-kira 3 bulan kerja lah yaa itu, setiap harinya dapat IDR 137.000. Coba di total sendiri selama satu bulan itu dapat berapa, Tapi kalo buat aku yang fresh graduate sih gak apa-apa buat pengalaman. Tapi ternyata aku gak dapat panggilan buat kerja HUHUHU, itu berarti aku gagal lagi.

Tapi gak apa-apa yaa, buat pengalaman dan pelajaran. Lagi pulaa gak ada yang langsung hidup enak kann, kecuali keturunan ningrat eh.
yaudah sekian pengalamanku ikut seleksi JNE!!
Keep fighting

2 comments:

  1. Thx gan infonya...
    ini ane dapet panggilan Interview tpi bukan di kantor pusat gan, ini malah di Sirens Resource Indonesia (Ngakunya sih gitu gan) tpi tempatnya ruko gan, ane llamar jadi kurir

    ReplyDelete
  2. kalo di ruko , hati2 , kalo minta duit bilang aja gk ada cuman buat bensin

    ReplyDelete

PENGALAMAN SELEKSI INTERVIEW DI PT. BORWITA INDAH JAKARTA Tahun 2020 (PT. Borwita Citra Prima)

Sesuai judulya, kali ini aku mau berbagi pengalamanku tentang interview di PT. Borwita Indah di Jakarta di tahun 2020. Jadi aku mendapatkan ...