Search This Blog

Pengalaman Interview di Tokopedia


Hai, kali ini aku mau share pengalamanku interview di Tokopedia beberapa minggu yang lalu. Sebenernya aku lupa loh aku dapat info lowongan Tokopedia ini dimana tapi yaudahlah ya gak penting juga. Btw, Tokopedia kabarnya memang lagi buka lowongan akhir-akhir ini terutama di posisi customer care.
Entah kapan dan di mana aku melamar posisi Customer care ini di Tokopedia tapi tiba-tiba aku dapat email yang isinya undangan untuk interview pada hari kamis 19 April 2018 lalu. Yang email kebetulan hrdnya langsung dan ada note kalo mau hadir atau ubah jadwal  bisa langsung balas email itu.

Awalnya aku ragu sih, karena undangan interviewnya itu jam 15.00. Aku mikirnya kok interview sore-sore sih?? tapi setelah aku cari-cari info memang seperti itu kalo perusahaan ecommerce, jadi waktu bukan masalah bagi mereka.

Interviewnya dilaksanain di tower Tokopedia di daerah Semanggi Jakarta Selatan lantai 62, untungnya gak jauh sih dari tempat aku tinggal cuma sekitar 30 menit naik ojek online. Aku sampai di sana jam 14.30 terus diduruh ke resepsionis untuk nuker identitas dengan kartu akses. nah dari situ naiklah aku ke lantai 62, awalnya aku kira yang interview cuma beberapa orang doang, tapi TERNYATA banyak coy.

Sampai di lantai 62 itu langsung disuruh isi biodata gitu sama pilih posisi yang dilamar, abis itu disuruh nunggu sampai nama kita dipanggil. Dan gak lama tuh namaku sama beberapa orang dipanggil dong, langsung suruh naik ke lantai 64.

DAN TERNYATA di lantai 64 itu kita yang awalnya ber8 dipecah lagi cuma ber4, nah dari situ yang awalnya aku kira langsung mau interview eh malah kita FGD coy. 

Awalnya biasalah perkenalan, ceritain kegiatan terakhir kita ngapain aja. Abis itu langsung disuruh keluarin cv yang udah kita bawa and then kita dikasih selembar kertas kecil masing-masing yang isinya simulasi masalah yang terjadi di Tokopedia gitu. Menurutku sih dari jawaban yang kita tulis, hrd tau seberapa kritis kita menghadapi dan menyelesaikan masalah, mulai dari menganalisa gimana masalah itu bisa terjadi; pihak mana yang harus bertanggung jawab dan apa solusi yang dapat kita berikan untuk menyelesaikan masalah ttersebut sebagai customer care. Sebenernya masalahnya sepele sih, tapi tindakan yang akan kita ambil untuk menyelesaikan masalah ituny aitu gak bisa dianggap sepele. Waktu buat ngerjainnya cuma 10 atau 15 menit gitu aku lupa.
setelah itu

Kita dikasih satu permasalahan yang harus kita pecahkan bersama, mulai dari gimana tindakan kita kalo dapat komplain seperti itu, menurut kita pihak mana yang harus bertanggung jawab dan solusi terbaik yang dapat diberikan agar tidak merugikan salah satu pihak yaitu?? diskusi sengit kita sambil dilihatin sama mbak2 hrdnya. diskusi ini hanya berjalan 15 menitan kalo gak salah. Setelah itu kita suruh nunggu bentar dan balik ke lantai 62.

gak sampai 5 menit duduk, aku sama salah satu peserta lain di panggil namanya dan disuruh pulang dan tunggu kabar selanjutnya via email. perasaanku sih bilang "ah sudahlah ini mah belum rejeki gue kerja di sini". Di jalan pulang aku ngobrol sama rekan senasibku dan dia bilang juga pesimis. Kenapa? karena 2 peserta lain selain kami masih tetep disana, kayaknya sih langsung interview sama hrdnya yaa. Tapi kami di suruh pulang dengan cara halusss.

Seminggu kemudian ada notif email, ah langsung dong aku buka dan ternyata dari tokopedia yang inti isi emailnya adalah nolak aku dengan kalimat yang sangat2 bagus. Email ginian cukup nyesek sih tapi yaa betterlah dibandingkan gak dikasih kabar dan di php kayak perusahaan lain.

ahsudahlah mungkin rejekiku dan rejeki kita yang belum di terima di perusahaan yang kita inginkan BELUM di sana.

Sekian sharingku tentang "judul" semoga bermanfaat dan dengan dengan penuh sadar aku minta maaf kalau tulisan dan kalimat yang aku ketik ini amburadul rak karuan. Soalnya aku emang gak bisa ngerangkai kalimat-kalimat bagus gitu sih. pokonya SEMOGA BERMANFAAT

10 comments:

  1. Hai Jiminah, bagus blognya, terus ceritain pengalaman interview kamu ya, karena bermanfaat sekali u/ para pencari kerja kayak saya hehe :)

    Makasih ya!

    Oh iya ini blog aku, mampir ya hehe www.afifriwandi20.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Jadi tau nih ancang2 kalo mau lamar kesini. Eniwei dapet kerja dimana sekarang mbak? Lama gak posting2 pengalaman lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah lama aku dapet kerjanya, udah jarang interview2 lagi jadi gak ada yang isa ditulis juga :)

      Delete
    2. Wahh selamat mbak, kerja dimana sekarang?

      Delete
    3. Makasih loh :), aku sekarang kerja di salah satu perusahaan yang aku tulis pengalamanku di blog ini juga

      Delete
  3. Halo kak, mau bertanya untuk rekrutmen dari awal sampe akhir full english kah? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, tidak kok. Pakai bahasa Indonesia biasa

      Delete

PENGALAMAN SELEKSI INTERVIEW DI PT. BORWITA INDAH JAKARTA Tahun 2020 (PT. Borwita Citra Prima)

Sesuai judulya, kali ini aku mau berbagi pengalamanku tentang interview di PT. Borwita Indah di Jakarta di tahun 2020. Jadi aku mendapatkan ...