Search This Blog

Pengalaman Interview di Shopee Indonesia sebagai Content Intern


Ini tulisan pertamaku di blog, so im little bit nervous haha.
ah langsung aja lah yaa, aku mau share tentang pengalamanku pas interview di Shopee Indonesia. Pada tahu Shopee kan? gak ada yang gak tau lah yaa pasti. Iklannya di mana-mana dan tiap bulan kita belanja di shopee kok.

Shopee merupakan perusahaan E-commers yang berasal dari Singapore, yang sudah cukup di kenal oleh masyarakat di Asia Tenggara. Seperti yang kita tahu, Shopee merupakan market place yang terdapat buanyaakkk barang untuk di perjual belikan di sana. Terdapat banyak penawaran yang bagus juga tiap harinya. Kita bisa cari produk apa aja dan bandingin harganya antar toko, banyak promo cashback dan gratis ongkir juga. Kita bisa jadi konsumen dan bisa jadi seller juga loh.

Aku juga pelanggan setia shopee, suka aja sih belanja di shopee, menurutku beberapa item tuh harganya lebih rendah daripada di market place online yang lainnya, selain itu juga selalu ada promo gratis ongkirnya kan lumayan.

Oiya langsung aja lah yaa, jadi aku daftar kerja di Shopee itu lewat website lowongan kerja gitu sebagai CS Leader kalo gak salah sih. Terus beberapa minggu kemudian aku dapat email dari HR nya Shopee buat tes tulis sama interview. Emailnya tuh pakai bahasa inggris, awalnya aku cuma baca sekilas sih, terus pas bener-bener aku baca ternyata posisi yang di tawarkan di email sama yang aku lamar itu beda. Sempet bingung tuh gegera itu, sampai aku buka semua riwayat lamaranku di semua website lowongan kerja haha tapi gak nemu tuh aku applay posisi tersebut.

Dari kebingungan itu, aku coba googlinglah yaa, baca-baca tentang review orang yang pernah interview di Shopee juga dan ternyata nemu banyak. Tapi aku cukup mengerti dari googling itu. Sampai akhirnya aku mikir 'kan aku masih freshgraduate nih, makannya posisi Content Intern yang di tawarin'.

Dari pemikiran itu, akupun berangkat ke Wisma 77 Tower 2 10th Flr, Jl. Let. Jend. S. Parman, Kav 77 pada tanggal 30 Oktober 2017. Dari Jakut ke Slipi ternyata lama banget yaa, macet dimana mana. aku berangkat dari jakut jam 7 pagi dan sampai sana jam 8.30 an, langsung ke lobi buat isi buku tamu sama dapet Kartu tamu buat masuk gedungnya yang di tuker dengan KTP asli. di sana aku bener-bener sendirian, tap card di pintu masuk aja gak bisa haha. terus naik lah ke lantai 10 (pakai lift yaa, jangan capek2 naik tangga). Pas udah sampai di lantau 10 itu ternyata sudah rameee, terus isi absensi di meja depan, aku dapet no 13 (ini nomer yang selalu bersamaku) disitu juga ngumpulin CV sama FC KTP. Aku sih cuma ngumpulin itu aja, meskipun aku liat orang2 pada ngumpulin berkas yang lengkap, tapi di emailnya kan cuma suruh ngumpulin CV sama FC ktp yaudin aku nurutin yang di email aja ye kan.

Setelah itu nunggu dah tuh, ada yang nunggu di luar ada yang nunggu di ruang rapat, banyak juga yang ngemper di depan. Lumayan lama sih nunggu, padahal jadwalnya di mulai jam 9 tapi ternyata di mulai hampir jam 10 deh kayaknya. Nah setelah itu di panggil 5 orang 5 orang sesuai absen masuk di pantri buat tes tulis singkat, itu bener2 singkat tesnya cuma isi soal tentang hubungan gitu gak tau namanya (misal= 12345:12435 itu sama atau enggak) itupun cuma beberapa soal doang lupa berapa tepatnya pokoknya waktu ngerjainnya cuma 5 menit. Setelah itu nunggu lagi sampai semuanya selesai. Langsung di umumin dah tuh, yang di panggil namanya di suruh pulang karena gak lolos, pas itu sih cuma beberapa orang yang gak lolos tes tulis. Sistem gugur langsung deh pokonya.

Langsung setelah itu di panggil 5 orang 5 orang buat interview sama HR nya, nah ini manggilnya acak bukan berdasarkan absen. dan kebetulan aku dapet panggilan yang terkahir, bener-bener terkahir. Pas interview sama HR cuma di suruh perkenalan diri sama cerita tentang pengalaman (kerja, magang, jadi panitia atau organisasi), dan di tanya2 sedikit tentang kenapa tertarik kerja di shopee, selama nganggur ngapain aja, gambaran kerja posisi itu gimana, pokonya gitu-gitulah.

Saranku yang jurusannya gk sesuai, siapkan jawaban aja kenapa kamu tertarik kerja di shopee padahal background pendidikan gak sesuai, perkuat aja meskipun jurusanmu gk sesuai tapi kamu mampu berkontribusi untuk Shopee. oiya setelah interview HR itu nunggu beberapa saat lah terus di umumin dah tuh siapa siapa aja yang lolos buat ke tahap selanjutnya yaitu interview users, yang lolos namanya ada di daftar yang di tempel di deket pintu depan.

WAlaaaaa, namaku rak ono di situ, aku baca satu per satu namanya beberapa kali dan memang gak ada namaku. Dari banyak orang itu yang lolos cuma belasan lupa tepatnya berapa. Sempet down tuh gara-gara gak lolos, padahal itu salah satu mimpiku kerja di situ. Tapi yasudahlah, aku langsung turun ke lobi, tuker tap card sama KTP dan pulang, huhuhu

Oiya, dari yang aku liat selama hampir setengah hari di Shopee itu adalah orang-orang yang kerja d Shopee masih sangat muda-muda, kayaknya sih gak ada yang umurnya 35 ke atas kalo di lihat dari tampang-tampangnya yaa. Selain itu juga baju buat kerjanya tuh sooooooooo santaiiii, pada pakai jeans, kaos oblong, celana sobek, Sendal yah gitu-gitu lah pokoknya, nyantai banget gitu suasana kerjanya anak muda banget lah.

Kalian yang lagi baca ini dan mau seleksi di Shopee semangat dan semoga berhasil.

19 comments:

  1. Uuhhh menarik kaakk.. boleh dong tips tips jawab pertanyaan interview

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya kak assyifa lebih berpengalaman :D

      Delete
    2. Ka kalo yg 12345 itu td dijawabnya apa ya

      Delete
  2. Hallo kak mau tanya, waktu itu testnya orang2 nya dari beda2 posisi ya? Psikotest nya ada itung itungan gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kemaren ada beberapa posisi tapi dibeda bedain kok ruangannya. kalo psikotestnya cuma psikotest singkat sih, cuma 5 menit doang.

      Delete
    2. oiya psikotesnya cuma kayak milih jawaban yang sesuai kepribadian kamu aja. Kamu juga di panggil di shopee? Sukses ya

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Malam ka, mau nanya nih. Kemarin pas interview, hrd sama user yg jd interviewer nya pake baju formal ngga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai achmad, maaf baru bales. Aku sih pake baju formal tapi banyak kok yang pakai baju santai, yang kerja di sana aja pada pakai baju santai.

      Delete
  5. Maaf kak mau tanya, di shopee itu interviewnya sih in english ato bahasa?

    ReplyDelete
  6. Kak mau nanya, pas interview waktu itu pakaiannya formal item putih atau gimana ya ?

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai shinshin maaf baru reply, semoga kamu sukses ya wawancaranya.

      Delete
    2. Kak mau nanya, kalau utk interview nya pakai bahasa Inggris atau Indonesia?
      Apakah ada perbedaan, misalnya utk posisi X interview nya pakai bahasa Inggris, dan utk posisi E interview nya pakai bahasa Indonesia?

      Delete
  7. Kak mau nanya, pas interview HRnya pake bahasa inggris atau nggaa yaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana kak test nya in indonesia atau in english?

      Delete
  8. Hai! Mungkin postingan gue seputar Shopee bisa membantu kalian yang ingin tau proses internship Shopee itu seperti apa! Sila cek postingan gue https://ontadigurunpasir.wordpress.com/2018/09/01/test-dan-interview-di-shopee-kata-shopee-gue-overqualified/

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. Halo, maaf telat jawabnyaa. Pas aku dulu bahasa Indonesia. semoga membantu :))

      Delete

PENGALAMAN SELEKSI INTERVIEW DI PT. BORWITA INDAH JAKARTA Tahun 2020 (PT. Borwita Citra Prima)

Sesuai judulya, kali ini aku mau berbagi pengalamanku tentang interview di PT. Borwita Indah di Jakarta di tahun 2020. Jadi aku mendapatkan ...