Search This Blog

Pengalaman Seleksi dan PSIKOTEST di PT. Lion Super Indo 2020

Selamat pagi, siang, sore dan malam teman-teman. Kali ini aku mau cerita pengalamanku ikut seleksi untuk masuk di PT. Lion Super Indo tahun 2020 ini. Jadi di sini aku cuma cerita berdasarkan pengalamanku aja ya.

Aku sudah jadi pengangguran 3 bulan lebih waktu itu, jadilah aku cari-cari info lowongan kerja di manapun. Nah mampirlah aku di website PT. Lion Super Indo ini di https://www.superindo.co.id/karir/ . Di website nya ada banyak posisi yang tersedia untuk di daftari, untuk lebih jelasnya kalian bisa langsung cek sendiri aja ya.

Aku apply di websitenya itu pada Kamis 27 Februari 2020, setelah submit isi data diri dll kalian akan dapat email yang isinya kalian udah berhasil apply dan gak usah dibalas ya. Senin 02 Maret 2020 pagi aku dapet email dari HRnya bahwa aku lolos tahap administrasi dan diundang untuk profilling pada Kamis 05 maret 2020. Isi emailnya yaitu pertama penjelasan tentang perusahaanya pakai bahasa inggris gitu, terus di bagian bawahnya ada posisi yang kamu lamar hari jam dan lokasi test yang bakal kamu datengin, terus juga ada disuruh bawa aja.

Cukup cepat kan ya prosesnya, setidaknya kita gak sampai lupa deh kita pernah apply di perusahaan tersebut atau enggak. Nah langsung aja, singkat cerita aku datang Profilling sesuai yang dijadwalkan pada hari Kamis 05 Maret 2020 jam 08.30 di Super Indo Corporate Support Office (CSO)  Menara Bidakara 2, 19th Floor, Jln. Jenderal Gatot Soebroto Kav 71-73, Jakarta Selatan, 12870.

Karena lokasinya cukup jauh dari tempat tinggalku di Jakarta Utara, aku berangkat pagi-pagi biar gak telat karena aku dapet yang jam 08.30 pagi. Aku berangkat jam 06.30 bersama bapak Grab dan ternyata gak selama yang kukira, jam 07.30 aku udah sampe di Menara Bidakara 2 dalam kondisi keujanan. Tanyalah aku sama bapak satpam di lobi gedung dan bilang mau test di superindo lantai 19, terus langsung di suruh naik aja ke lantai 19. Eits sambil nunggu liftnya turun, orang yang mau naik disuruh pakai handsinitiser dulu tuh, gak heran kannn soalnya baru diumumin kalo di Jakarta ada 2 warga yang positif Covid19.

Jam 8 kurang aku sampai di kantor Superindo, ternyata di sana sudah ada 4 orang termasuk aku. Aku pikir dikit juga yang bakal test, nah ternyata tidak dong. setelah jam 8 lewat mulailah pada dateng satu per satu dan lumayan banyak juga, aku sih gak sempet itung ada berapa orang yang dateng tapi sampai ruang tunggu penuh sesak deh.

Tepat jam 08.30 HRnya nyuruh kita yang jadwalnya 08.30 untuk ikut dia ke suatu ruangan, nah di sini kita bakal psikotest. Ruangannya gak terlalu besar dan tidak terlalu kecil lah, hampir kayak ruang kuliah di kampus. Sambil nunggu orang  yang telat kita di suruh liat data diri pelamar yang kita bawa (Oiya, di email kita disuruh print Data Diri Pelamar dan di bawa pas Profilling, jangan lupa di isi dari rumah ya). Ternyata masih banyak yang telat dong emang. 

Setelah di kira gak bakal ada yang telat lagi, Ibu HRnya nyuruh kita buat ngumpulin data diri pelamar yang sudah kita isi. Setelah itu Ibu HRnya ngasih 2 kertas HVS kosong ukuran F4 dan satu lembar kertas yang berisi test wartegg seta 1 buah pencil HB. Kita di bagi kode pelamar berdasarkan barus dan kolom kita duduk dan aku dapet kode G1 waktu itu karena aku duduk di paling depan.

Setelah itu, setiap kertas di isi dengan identitas kita dan tidak lupa cantumkan kode pelamar kita tadi. Jadi kode pelamarnya tuh Kodeposisi/Batch/Kodepelamar. Misal kamu daftar Retail Management Trainee, batch 1 dan kode pelamar A1 kamu harus tulis RMT/Batch 1/A1. Pokonya itu bakal di jelasin sejelas-jelasnya sama HRnya kok.

Psikotest tahap pertama 

1. Gambar orang (bukan anime, bukan tokoh fiktif, pokonya orang!! Manusia!!) dan di kasih keterangan nama, usia, profesi, kegiatan yang dilakukan, cita-cita, 3 kekurangan dan 3 kelebihannya. Kalo ini aku sih isi tentang diri aku sendiri. Btw jangan minder dulu yang gak bisa gambar. Aku juga termasuk orang yang sangat gak bisa gambar, tapi hari sebelumnya aku latihan harus gambar apa, meskipun sama sekali gak bagus tapi setidaknya itu keliahatan kok gambar apa. Detail gambar anggora tubuh yang biasa kelihatan jangan lupa digambar ya.

2. Gambar Pohon (Bukan pohon imajinasi, pisang, kelapa, padi dll ntar di jelasi lagi di sananya) dan di kasih keterangan itu pohon apa. Waktu itu aku gambar Pohon mangga sih, pokonya gambar aja semua bagian pohon dari akar, batang, cabang, ranting, daun, buah. Gambar di tengah-tengah kertas yaa yang gede gambarnya.

3. Test Wartegg,  ini kayak test warteg pada umunya, kayak gambar di bawah ini :

Kalo menurutku kalian harus latihan dulu deh, kecuali kalian emang udah pro ya. Karena aku masih khawatir gara-gara kemampuan gambarku sangat buruk, jadi aku latihan dan udah tentuin mau gambar apa aja di masing-masing kolom itu. Kita juga disuruh kasih nomor berdasarkan urutan kolom mana yang kita gambar telebih dahulu, aku sih gak tau ya yang bener kek mana, tapi aku gambar dan kasih nomornya tuh dari gambar yang melengkung-melengkung dulu baru gambar-gambar yang garis kaku. Aku juga sebenernya gak tau tips ini bener atau tidak, jadi aku tuh gambar yang melengkung-melengkung itu jadi gambar makhluk hidup, dan gambar garis kaku aku jadiin gambar benda mati semua.

Untuk gambar 3 jenis gambar itu kita di kasih waktu 25 menit (Seingetku), jadi kalian atur waktu ya, jangan sampai habis waktu dan ada gambar yang belum selesai di gambar. Setelah psikotest pertama ini selesai, kita disuruh tunggu di ruang tunggu lagi untuk lihat pengumunan yang bakal diumumin jam 10.00  pagi. Di ruang tunggu ternyata makin banyak dong orangnya dan emang ternyata mereka adalah batch 2 di hari itu.

Setelah jam 10,HRnya nempel kertas di resepsionis yang berisi kode pelamar yang lolos masuk tahap selanjutnya. Alhamdulillahnya aku masuk buat psikotest tahap 2. Yang tidak lolos langsung disuruh pulang, jadi sistem gugur gitu sih. Masih lumayan sih yang lolos ke tahap 2 ini. jam 10.45 kita disuruh masuk ke ruangan test yang pertama tadi lagi. Kali ini batch 1 dan 2 bareng untuk tahap 2 ini, tapi beda baris. 


Psikotest tahap dua

Nah di tahap psikotest kedua ini kita duduk berdasarkan batchnya. Masih sama dengan HR yang di pertama tadi, kita di jelasin bagaimana cara ngerjainnya. Nah di sini kita bakal di test kayak semacam Personality System Analys gitu, jadi kita tinggal pilih mana yang paling sesuai dan paling gak sesuai dengan karakter kita masing-masing, di sini sih menurutku kita harus jawan sesuai dengan diri kita aja. Nah tahap seleksi selesai deh. Kita disuruh untuk nunggu lagi di ruang tunggu depan, nunggu beberapa menit lagi buat diumumin lagi. Nah kayak yang pertama tadi, nama yang ada dikertas yang bkala ditempel di resepsionis adalah orang yang lolos dan bakal ikut ke inteview awal langsung pada hari itu juga.

Ada satu lagi, sebelum kita pulang kita di suruh isi lagi ada di link bit.ly gitu, jadi terserah mau di isi kapan, pokoknya di isi masih hari yang sama. Kalo yang ini juga kayak labih ke personaliti juga, ada sekitar 90 soal kalo gak salah, per soal ada 4 pilihan dan kita suruh milih mana yang sesuai dengan diri kita.

Tahap Interview HR

Setelah nunggu, tibalah saatnya nama-nama yang lolos itu dipanggil buat langsung ikut ke ruangan buat interview, dan yang gak lolos yah pulang dong.

Dan aku langsung pulang karena namaku gak ada didaftar orang-orang yang lolos, terus kata HRnya buat yang belum dipanggil buat interview bakal di save di database jadi kapan-kapan bisa dipanggil. Tapi aku sih udah pasrah aja, biar gak banyak berharap ke yang gak mungkin gitu loh.

Oke oke sekian cerita pengalamanku. Sukses selalu teman-teman.




4 comments:

  1. kalo boleh tau tinggalnya di jakarta utara daerah mananya?

    ReplyDelete
  2. Saya udah tes membuat pohon, manusia, TIU, kemampuan dasar dan personality tes.. stelah itu apa ya ka.?

    ReplyDelete

PENGALAMAN SELEKSI INTERVIEW DI PT. BORWITA INDAH JAKARTA Tahun 2020 (PT. Borwita Citra Prima)

Sesuai judulya, kali ini aku mau berbagi pengalamanku tentang interview di PT. Borwita Indah di Jakarta di tahun 2020. Jadi aku mendapatkan ...