Search This Blog

PENGALAMAN SELEKSI INTERVIEW DI PT. BORWITA INDAH JAKARTA Tahun 2020 (PT. Borwita Citra Prima)

Sesuai judulya, kali ini aku mau berbagi pengalamanku tentang interview di PT. Borwita Indah di Jakarta di tahun 2020.

Jadi aku mendapatkan info lowongan itu dari postingan salah satu HR di Linkedin dan langsung aku email CVku ke email yang tertera tersebut. Kebetulan posisiku waktu itu lagi di kampung karna yaa pulkam gara-gara pandemi, dan waktu itu aku dikampung tuh berbulan-bulan gengs, mau gila rasanya karna nganggur lama banget. 

Setelah seminggu, aku dapat panggilan buat interview di Jakarta. Untung banget emailnya tuh gak dadakan jadi aku bisa mempersiapkan diri buat balik ke Jakarta lagi. Kalo gak salah inget ya, aku dapat email itu hari Rabu atau Kamis, nah jadwal interviewnya itu hari Senin minggu depannya. Jadi setidaknya aku bisa mikir dan cari-cari info tentang perusahaan lah yaa, biar usahaku balik ke Jakarta gak sia-sia.

Akhinya pas hari Jumat aku memutuskan buat nyoba ikutin interview di Borwita. Awalnya aku mengutarakan niatku ini ke kakakku dan dia yaa menyerahkan keputusan di aku, kalo aku mau ke Jakarta gak apa-apa dan dia juga bakal nemenin juga. Dan yaa, Hari minggu sore aku dan kakakku balik ke Jakarta dengan bus seadanya. Oiya pas waktu itu bebarengan dengan libur panjang jadi banyak perantau Jakarta yang balik kampung dan hari minggu itu mereka udah mulai balik ke Jakarta lagi. Maka dari itu aku dan kakakku yang dadakan cari tiket busnya keabisan dan dapet tiket bus yang udah tua busnya -.- Mau gak mau sih soalnya mepet dan harus balik minggu sore itu juga.

Yahhh malah curhat dong -.-

Yaudah langsung ke hari Senin, 24 Agustus 2020 yaa

jadi panggilan interviewnya itu hari Senin, 24 Agustus 2020 jam 10.00 di Lantai 31, AIA Central, Jl. Jend. Sudirman No.Kav 48A, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930. Karna tempat tinggalku di Jakarta itu di Cilincing Jakarta Utara yang emang lumayan jauh dari lokasi, jadi aku berangkat bareng Mas Iparku jam 6.30 WIB dan sampe di Sudirman kantor Mas Iparku jam 7.30 WIB. Masih lama banget kalo aku harus ke lokasi kan, jadi aku nunggu di luar kantor Mas Iparku sampe jam 9.00 WIB biar gak terlalu kepagian datangnya. Kalo kalian tanya kenapa gak berangkat sendiri kan cuma satu jam di jalan?. Yaa kalo aku berangkat sendiri tuh harus pake transportasi umum, jadi bukannya cepet malah lama dijalan dan malah capek duluan, jadi yaa mending aku nebeng dan nunggu lama gpp asal gak capek di jalan mah.

Jam 09.20 WIB aku sampe di AIA Tower, di loby cek suhu, cek barang bawaan kayak biasanya. Setelah itu langsung ke Tower Center untuk isi Form dari scan barcode gitu yang ngarahin browser kita ke google form, abis submit semuanya baru ada ngirim WA dan dapat approval buat masuk ke gedungnya gitu. Nah kalo mau masuk sebagai visitor kita harus isi form ini buat data aja sihh kalo misal ada hal yang tidak diinginkan terjadi, misal ada salah satu karyawan sana yang positif Covid 19 jadi gampang buat di Tracingnya.

Setelah isi-isi itu selesai dan dapat WA itu tadi, kita langsung nukerin KTP sama Visitor Tag dan langsung deh naik ke lantai 31. Sampai di lantai 31, langsung aja masuk ke officenya JUST CO, nanya ke mba CS nya. Nah disana kita disuruh ngisi form visitor lagi yang isinya nama, tujuan kunjungan, amu ketemu siapa dan tujuannya ke perusahaan apa.

Nunggu 15 menitan, aku dan bapak-bapak yang akan interview sama bu Chrysta ini dipanggil ke ruangan rapat terbuka gitu, dibelakang tempat tunggu kita tadi. Nah disana, kami berdua dikasih soal test singkat yang intinya isi yang paling kamu dan paling gak kamu banget. Aku gak tahu nama tesnya apa, tapi kita sebagai jobseekers udah gak asinglah yaa sama tes ini, tinggal pilih mana yang paling aku banget dan paling gak aku banget. 

Nah pas tes singkat ini kita gak dikasih waktu tertentu sih, tapi bapak-bapak disebelahku selesai duluan jadi langsung dipanggil buat langsng interview sama bu Chrysta ini. Nah pas mereka berdua interview enak banget coyy, kayak cerita-cerita biasa aja, karna emang Bapak ini udah berpengalaman kali yaa jadi udah biasa aja kalo interview sama HR gitu.Sekitar 15-20  menitan Bapak itu interview, ditengah-tengah nunggu itu ternyata ada satu mba-mba lagi yang baru dateng dong dia juga mau interview sama kayak aku.

Oiya lupa, aku disini interviewnya untuk posisi Admin Operasional untuk penempatan Kelapa Gading kalo gak salah, lupa sih aku.

Setelah Bapak-Bapak ini selesai interview, langsung aku dipanggil oleh Ibu Chrysta untuk ke depan. Aku interview kurang lebih 15-20 menit. Emang cara interview Ibu Chrysta ini enak banget, gak bikin deg-degan sama sekali, jadi kita sebagai kandidat juga gak grogi. Nah selama 15-20 menit itu, HR nanyain hal-hal biasa kaya perkenalan, cerita pengalaman kerja dan pasti ditanya-tanya banyak tentang pengalaman kerja. Oiya sama ditanya tentang kegiatanku pas nganggur itu apa saja.

Nah dari point kegiatan yang aku lakukan selama nganggur itu, Ibu Chrysta ini menyarankan aku ke posisi Account Officer yang dirasa cocok sama aku dan memang untuk posisi yang aku sebutkan di atas yaitu Admin Operasional itu ternyata yang dibutuhkan adalah cowok karna kerjanya Shifting gitu. Disana juga dijelaskan secara general tugas dan tanggung jawab AO itu apa saja, nah dari sana sebenernya aku juga merasa cocok nih buat nempatin posisi tersebut. Tapi gak taulah yaaa.

Setelah selesai wawancara dengen HR, aku diminta tunggu sebentar untuk memastikan Tim Sales yang notabennya adalah user langsung ada ditempat atau tidak (Soalnya masih sistem 50:50 WFO dan WFH). Nah ternyata mereka lagi WFO jadi aku gak perlu pulang dan nunggu untuk interview ke dua, siang itu juga aku interview sama Tim Sales dua orang yaitu mas-mas dan mba-mba gitu, mereka memperkenalkan diri sih tapi aku lupa hahah (Maklum susah inget nama orang baru). Jadi di interview ke dua ini, mereka lebih menjelaskan detail pekerjaan yang bakal aku lakukan kalau keterima, bener-bener lebih detail. Aku cukup mengerti dan familiar sama jobdesknya, dan mereka juga kayaknya cocok deh sama aku kalo diliat dari cara mereka ngomong.Tapi yaaaaa. hahaha

Setelah interview ke dua itu, ternyata aku masih disuruh nunggu lagi untuk interview ketiga yaitu ke Team Leader Sales. Karena Team Leadernya juga lagi WFO, jadi abis nunggu kurang lebih 10-15 menit aku langsung dipanggil lagi. Disini, di interview ketiga ini, aku diinterview sama Team Sales dan Team Leader salesnya. Disini juga lebih dijelasin sih jobdesknya apa, tapi kayak dikasih tau beberapa peraturan dan konsekuesinya gitu, jadi aku keberatan apa tidak. Tentu saja aku bilang bisa dan tidak keberatan sama sekali.

Nah untuk point satu ini kayaknya si Team Leadernya ini ragu ke aku. Hal itu adalah ketika aku ditanya tentang alasan gak perpanjang kontrak di perusahaan lama. Pas waktu itu aku jawabnya adalah karna waktu yang aku miliki buat diri sendiri dan keluarga itu dikit banget. Yaa sebenarnya itu sudah konsekuensi kerja di retail sih, tapi karena sudah dua tahun makanya aku memutuskan untuk mencari kerja yang tidak terlalu ngoyo kayak kerja di retail. Pas aku jawab seperti itu, Team Leadernya langsung bilang kalau AO kerjanya juga tidak tahu waktu, bahkan kadang kalo libur kita bisa tiba-tiba dipanggil untuk kerja. Berarti itu gak cocok yaa buat aku kata dia. Terus aku jawab tidak apa-apa sih, karena kan gak akan ganggu semua waktu liburku jugaa. Jadi pasti gak setiap saat kayak gitu terus gitu lohh. Dan mungkin dia masih belom srek sama aku.

Yang awalnya aku udah percaya diri banget bakal diterima, langsung pedenya luntur HAHAAHA. Oiya lupa cerita, kalau yang masih lanjut dari interview HR sampai ke Interview User terakhir itu aku sama satu orang lagi mba-mba gitu. Tapi kita gak saling sapa dan tanya sih, soalnya beda kursi duduk yang agak jauh juga.

Bodohnya aku waktu itu aku gak tau bakal dikabarin setelah berapa lama,lupa tanya juga sihh. Setelah seminggu berlalu, aku masih opimis paling di minggu kedua bisa jadi dipanggilnya, ternyata sampai sebulan ini aku gak dikabarin lagi. Tau sendirilah yaa apa jawabannya, HARUS MOVE ON.


Oke sekian aja yaa cerita pengalamanku. Terima kasih semoga membantu

Kita pasti Bakal dapat kerjaan kok. S E M A N G A T T T T !!!

5 comments:

  1. Hai, aku baru baca postingan blogmu tentang kerja di pt pharos. Kalau berkenan aku ingin nanya banyak lewat email. ini emailku dhewdhewianty@gmail.com. terima kasih. :) Im enjoying your blog. :)

    ReplyDelete
  2. Hi kak, saya baru baca pengalaman mu mengikuti interview rekruitmen di PT. Borwita. Aku baru saja dapat undangan psikotest di perusahaan yg sama. Kalau boleh tahu apa interviewnya menggunakan bahasa Inggris atau Indonesia? Dan apakah kakak juga diminta untuk psikotes juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai kak finna aku juga sabtu tanggal 12 posisi mt disidoarjo

      Delete
  3. Halo kak diazraaa aku juga bsk sabtu psikotest di PT Borwita sidoarjo untuk posisi yg sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo kak, kebetulan aku mau ada test psikotes di borwita. boleh ga ya aku tanya ttg kisi2 psikotesnya biasanya macam soalnya apa aja?

      Delete

PENGALAMAN SELEKSI INTERVIEW DI PT. BORWITA INDAH JAKARTA Tahun 2020 (PT. Borwita Citra Prima)

Sesuai judulya, kali ini aku mau berbagi pengalamanku tentang interview di PT. Borwita Indah di Jakarta di tahun 2020. Jadi aku mendapatkan ...