Search This Blog

Pengalaman Psikotest dan Interview di Kreditplus (PT. Finansia Multi Finance) Jakarta 2020




Kali ini aku mau berbagi pengalamanku lagi tentang psikotest dan interview di Kreditplus di tahun 2020. Mungkin pengalaman orang lain beda-beda ya, tapi ini aku cerita tentang pengalamanku aja.

Jadi aku dapet info lowongannya dari postingan HRnya langsung di Linkedin, jadi aku kirimlah email ke email yang tertara. Waktu itu yang lagi buka yaitu Admin Operasional. Sebenernya di webnya juga banyak posisi yang buka tiap hari tapi untuk lebih ke posisi marketing, sales dan sejenisnya. Oiya setahuku juga setiap hari mereka ada open walkin interview di berbagai cabang untuk berbagai posisi juga. 

Setelah seminggu aku kirim email ke email HRnya, akhirnya aku dapet email balasan pada hari Kamis tanggal 05 Maret 2020 yang isinya adalah undangan untuk psikotest di hari Jumat 06 Maret jam 09.00. Cukup dadakan sekali ye kan?? H-1 coy, tapi gapapa lah ya.

Langsung kita percepat saja, datanglah aku ke lokasi sesuai yang di email yaitu di Kredit Plus Cempaka Mas (Ruko Mega Grosir Cempaka Mas Blok E1 No 3, Kl Letjen Suprapto. Kel. Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat) bertemu dengan Ibu Sarah. Karna emailnya disuruh datang jam 09.00 WIB, aku berangkat dari Cilincing sekitar jam setengah 8 dan sampe dilokasi jam setengah 9.

Lokasinya beneran di Ruko coy, yaa gak papa sih sebenernya kan emang disuruh tes yang paling dekat dengan domisili juga. Nah pas aku sampai di lokasi, ternyata sudah ada beberapa orang yang menunggu buat ikut psikotest juga.

Kalau gak salah, hari itu ada 6/7 orang yang akan mengikuti proses seleksi tahap pertama ini, untuk posisi yang dilamar masing-masing peserta aku juga gak tau sih, soalnya emang gak nanyain satu per satu. Tapi ada beberapa orang yang aku tanya dan ada yang melamar di posisi yang sama kayak aku, dan kalo gak salah juga ada yang walkin interview juga deh.

Jam setengah 10 (biasa jam Indonesia bagian molor) kita disuruh naik ke lantai tiga dimana lokasi psikotest akan dilaksanakan. Kita duduk random menghadap ke HRnya. disana ada beberapa tahap prikotest yang bakal kita jalani ( JUJUR AKU LUPA, KARNA UDAH LAMA WEHH).

Hal pertama yang kita lakukan setelah masuk dan duduk di ruang psikotest itu adalah mengumpulkan CV serta dokumen yang sudah diminta via email undangan kemarin itu. Setelah itu mba Sarah selaku HRnya memperkenalkan diri, menjelaskan tentang perusahaan dan jobdesk beberapa posisi yang lagi open saat itu.

Perkenalan dan penjelasan sudah selesai, langsung kita dibagi soal psikotest dan lembar jawab. Lembar jawabnya nih persis lembar jawab UN pada jamanku (gak tau jaman kalian kek mana). Setelah dibagi, kita gak boleh buka soal dulu loh yaa, cuma boleh buka halaman contoh soal. Karna mba Sarah bakal jelasin biar kita lebih mudeng gimana cara ngerjainnya.

Penjelasan mba sarah ini ia lakukan setiap mau mulai psikotest di berbagai soal yang beda, gak langsung dijelasin di awal semua gitu loh gengs. Mungkin biar kita gak lupa sama penjelasannya dia. Sejujurnya aku lupa ada berapa dan apa saja jenis psikotest yang dipake waktu itu, tapi yang pasti lumayan banyak soalnya. Ada test kora, ada test yang gambar dibolak-balik, ada anonim, ada yang kepribadian yang sesuai atau gak sama kita. LUPAAAAA :(( dan seingetku nih yaa gak ada disuruh gambar orang, pohoon dll gitu kok. 

Oke udah yaa, abis psikotest kita disuruh turun semua ke lantai satu lagi buat nunggu dipanggil mba sarah buat interview sama dia. Kita dipanggil ke ke lantai tiga itu dua-dua gitu, tapi tetep yaa interviewnya satu-satu. Kalo yang satu interview maka yang satu lagi bakalan disuruh nunggu duduk di samping pintu, diluar yaaa.

Setelah nunggu lumayan lama dan beberapa orang udah pada pulang setelah interview, akhirnya namaku dipanggil buat ketemu mba Sarah lagi. Nah pas interview ini kayak ngobrol biasa sama HRnya, beda aja rasanya sama HR-HR lain. Si mba Sarah ini enak banget, kayak ngobrol sama temen sendiri versi formal gitu.

Pas interview itu kita disuruh memperkenalkan diri, ceritain pengalaman kerja dan kesibukan apa yang dilakukan selama kita nganggur dan ditanya-tanya seputar pengalaman dan jobdesk kita apa aja selama kerja. Udah gitu aja sih, lainnya tuh dia lebih jelasin tentang perusahaan sama jobdesk admin operasional itu kaya apa gitu. Interview sama mba Sarah kurang lebih 10-15 menitan lahh. 

Setelah interview, kita langsung boleh pulang kok, dan pas aku selesai interview tuh sekitar jam 12.30 an. Jadi kalian bisa kira-kira lah yaa seberapa lama semuanya berlangsung. Yang jelas gak terlalu lama!

Okeeeeeeee setelah nunggu kurang dari seminggu akhirnya ada email lagi dari mba Sarah kalo aku lolos tahap psikotest dan diundang untuk interview lagi, kali ini interviewnya sama Kepala devisi operasionalnya deh kalo gak salah.

Oiya aku diemail tuh tanggal 11 siang dan diminta hadir buat interview lanjutan tuh tanggal 12 jam 10.15 dilokasi yang sama. Fix sih mereka demen banget sama yang dadak-dadakan gitu. Yaa karna aku nganggurnya udah akut jadi ya gak jadi masalah sih.

Tibalah tanggal 12 Maret 2020, aku berngkat jam  9 dari Cilincing dan sampe sana jam 10 kurang, ternyata ada beberapa orang juga yang bakal interview lagi kayak aku dan ada juga yang mau psikotest. Jam 11 kita baru dipanggil satu-satu buat interview di lantai 3 lagi, tapi beda ruangan yaa. Kali ini interviewnya di ruangan kepala devisinya langsung.

Kepala Devisinya bapak-bapak yang belom bapak-bapak banget, interviwnya kurang lebih 15 menit dan disana kita ditanya-tanya tentang jobdesk posisi yang dilamar apa aja, apakah bersedia kalo ABCDEF, apa gak masalah kalo GHIJKL sama menceritakan tentang pengalaman kita selama kerja sebelumnya.

Pas terakhir kan disuruh tanya, aku nanya dong kalo lolos dan gak lolos bakal dikabarin apa enggak, dan aku harus nunggu berapa lama buat nunggu kabaranya itu. Bapaknya bilang gak bisa nentuin berapa lama dan yang pasti bakal dikabarin kalo emang diterima.

Aku nunggulah sampe 2-3 minggu dan ternyata gak ada kabar lagi. Kita tahu lah yaa harus apa kalo kaya gini?? mengikhlaskan dan cari yang baru!!!

Oke sekaian ceitanya yaaa, ini berdasarkan pengalamanku aja dan sorry kalo bahasanya susah dimengerti karna aku emang bukan penulis.

Makasih banyak untuk kalian yang udah baca :))
Sukses dan stay healthy
Semoga pandemi ini cepat berlalu dan kita kembali aman serta nyaman tinggal di bumi
dan yang paling penting semoga peluang kerja juga makin membaik kalo pandemi sudah hilang
Sekiaaannnnnnnnn

2 comments:

  1. Untung gak diterima masuk KP mbak. Sy mantan krywn KP kantor pusat di jak-sel nyesel masuk situ. Kerja 24h/7d gak ada kompensasi. Gak kenal kata "libur". Gak ada kerjasama team. Dan kbetulan tim sy rata2 jutek2 + individualis. Dan di beberapa departemen bgitu smua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas/mb, bisa diceritain detail ga mengenai pengalaman nya di KP (via WA), kebetulan saya lg mengikuti proses seleksi disini, makasih sebelumnya

      Delete

PENGALAMAN SELEKSI INTERVIEW DI PT. BORWITA INDAH JAKARTA Tahun 2020 (PT. Borwita Citra Prima)

Sesuai judulya, kali ini aku mau berbagi pengalamanku tentang interview di PT. Borwita Indah di Jakarta di tahun 2020. Jadi aku mendapatkan ...